Rabu, 02 Oktober 2024

Setaka (Sekolah Taman Pustaka)

 


Temuan di lapangan banyak sekali dijumpai anak yang jarang melakukan aktivitas membaca ataupun berkarya melaui tulisan. Mereka sering terlihat hanya melakukan aktivitas bermedsos melalui gawai. Hal tersebut menunjukkan bahwa literasi yang rendah. Padahal di era globalisasi ini, salah satu kunci kesuksesan adalah literasi.

Dalam hal ini dari tim pengembang P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) SMPN 2 Karanganyar mencoba menyikapi rendahnya literasi siswa  era sekarang dengan sebuah program yaitu “Setaka” atau “Sekolah Taman Pustaka” di SMPN 2 karanganyar, Kabupaten Ngawi.

Tujuan Setaka adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada masa pasca pandemic. Caranya adalah melalui penugasan berbasis portofolio dengan cara telaah tema literasi yang ditentukan oleh guru , mengkritisi permasalahan literasi melaui berbagai sumber baik sumber langsung seperti tokoh masyarakat, orang tua, keluarga, Perpustakaan Daerah maupun sumber digital seperti browsing, searching melalui kanal youtobe, ataupun website.

 Untuk detail selanjutnya kami lampirkan modul P5, Silahkan klik disini.

Tidak ada komentar: