Oleh Hery Teguh Wiyono
CGP Angkatan 7
SMPN 2 Karanganyar Kabupaten Ngawi
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dirinya terkait coaching di konteks pendidikan
- Selama
menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau
disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika
diobservasi?
Pernah diobservasi
dan sering. Perasaan dulu pertama diobservasi agak deg-degan tapi saya berusaha
bersikap tenang
2. Ceritakan
pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.!
Pertama diobservasi
agak deg-degan, karena hal tersebut saya mencoba menyiapkan media pendukung
saat diobservasi sehingga dengan media pembelajaran tersebut dapat membantu
pembelajaran di kelas.
- Menurut
Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat
membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?
Iya, karena dengan supervise kita dapat
menerima masukan atas kekurangan dalam pembelajaran dan meningkatkan ke hal
yang lebih baik
- Menurut
Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu
melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal
di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.
Situasi belum ideal
saat pertama kali diobservasi karena jadwal mendadak jadi agak kurang baik
Situasi ideal ,
berkaca dari pengalaman sebelumnya perlu menyiapkan administrasi dan RPP
termasuk media pembelajaran sehingga supervise serta pembelajaran berjalan
dengan baik
- Aspek
apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?
Aspek dari segi administrasi,
missal jurnal mengajar, daftar hadir, prota, prosem dan RPP serta lembar
observasi supervise
Aspek persiapan
diri yang perlu tenang dan konsentrasi
ASpek komunikasi
dengan murid dan supervisor
Setelah Anda menjawab
pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :
1. Apa saja harapan yang ingin
Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul
ini?
Harapan saya adalah bisa merefleksikan dan memberikan tindak
lanjut setelah mempelajari modul 2.3 , dengan berkomunikasi dengan kepala
Sekolah dan sharing dengan rekan sejawat
2.Apa saja kegiatan,
materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Melaksanakan diskusi dalam
coaching, karena dengan proses
coaching guru juga dapat mengembangkan kompetensi diri sebagai pemimpin
pembelajaran. Supervisi akademik merupakan serangkaian aktivitas yang bertujuan
untuk memberikan dampak secara langsung pada guru dan kegiatan pembelajaran
mereka di kelas. Supervisi akademik bertujuan untuk meningkatkan kompetensi
guru yakni pemberdayaan dan pengembangan kompetensi diri dalam rangka
peningkatan performa mengajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang berpihak
pada anak.Dan dalam proses pelaksanaannya supervise akademik menggunakan
pendekatan coaching.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar