CATATAN WORKSHOP PENGUATAN KOMPETENSI GURU IPA DAN DISEMINASI ASSESMEN KOMPETENSI SISWA INDONESIA(AKSI)
MGMP IPA KAB NGAWI
Sebenarnya ini merupakan catatan kegiatan Workshop
Penguatan Kompetensi Guru IPA dan Diseminasi Assesmen Kompetensi Siswa
Indonesia(Aksi). Karena permintaan beberapa rekan guru MGMP yang japri, setelah
cari-cari masih kesave di colour nate Samsung A8 saya. Daripada balas wa satu
persatu maka upload aja deh. Sebelumnya minta maaf ini saya munculkan di web
dan (masih no edit)....ok cekidot nggih:
1. Regristrasi dan pengisian biodata
2. a Sambutan Ketua MGMP Drs.Rahmad Wardana
Peserta 110 dengan rincian kelompok 1 sejumlah 51 peserta dan kelompok 2 terdiri 59 peserta.
Pemateri meliputi unsur: Dindik, Keala sekolaah
Pendamping, MKKS, Pengurus
Dana dari KK Mpael disubsidi 1 juta
Waktu pelaksanaan Oktober November
sistem 211 :2 in petemuan tempat belajar 1 on sekolah
masing masing, 2 lagi diperemuan tempat belajar
Situasional , krn nenyesuaikan permintaan diknas terkait
membuat soal online
Materi:
Kebijaksanaan diknas
Aksi beesmart
Aksi (assesmen Kompetensi Siswa Indonesia)
terkait penilaian dari PISA dimana Indonesia mendapat
peringkat 4 dari bawah
Setelah TOT wajib mendiseminasi pada guruguru disekolah
llu ksi ke sekolah
Januari monitoring dari Pusat terkait pelaksanaan AKSI
b. Sambutan KepalaSekolah Pendamping Bp.Drs.Siswoto M.Pd
MGMP merupakan bagian SKP (sasaran Kinerja Peggawai) dan
PKB (Pengembangan Keprofesian Berkellanjutan)
dari pengmbng diri direncanakan SKP
Jika tdk melaksanakan Pengmbangan diri , wawasan keilmuan
guru kurang atau tdk bertambah secara batiniah, secara lahiriah bukti
pengembangan brupa sertifikat tidak punya
oleh krn itu perlu kegiatan dengan mempertibangkan
pembiayaan. Bisa mandiri secara pembiayaan maupun waktu (MGMP diluar jam
pembelajaran)
Misal di Magetan kegiatan Mandiri MGMP sore jam 15 sd 17
WIB
bisa sebulan sekali
Harapan MKKS MGMP lebih terprogram, mandiri secr pembiyaan
maupun waktu sehingga tidak mengganggu pembelajaran
c. SambutanBp Drs.Muhammad Luluk Sodiqin M.Pd
Perkembangan pendidikan sangat pesat
Nilai positif keunggulannya di Jawa Timur lebih
baik daripada guru bagian Indonesia bagian timur
Pembelajaran IPA MGMP Ngawi melalui tahapan:
Guru-guru IPA , Kegiatan MGMP , lalu
MKKS dan ke Diknas merupakan bukti kerjasama
dalam naungan yang baik antar level tahapan kegiatan
Bukan hanya sertifikat, angka kredit , niat kegiaatan
juga bagian Ibadah kepada Allah dalam pengembangan ilmu sehingga mendapatkan
amalan tambahan di dunia dan akhirat
Pembelajaran IPA pelu besinergi dngan guruMatematika
Misal keterkaitan materi bidang miring dalam IPA ,
berhubungan dengan konsep Pytaagoras Matematika
Dari direktorat ada bantuan dana pembiayaan / blockgranch
Jadi biaya utama mandiri, Diknas mensubsidi , Direktorat
membantu
Guru sertifikasi juga mengallokasikan sebagian
perolehan tunjangan untuk pengembangan diri
Masih ada 2 kuriikulum di Ngawi, KTSP 2006 dan K13
K13 penggunaan menggunakan aplikasi e raport
Dalam menghadapi globalisasi era elektronik , guru mesti
siaap
Penghargaan tentang proses inovasi pembelajaran guru
kepada kab pacitan
Siswa diberi pelajaran ketrampilan dengan menganyam
produk jadi dapat diuangkan
Mendidik dalam filosofi jwa:
asah: jangan menganggap anak tidak bisa apa2, krn setiap
anak beda talenta pada masing individu Kondisi tersebut diasah, digunakan
supaya berkembang
asih: Membimbing anak dengan kasih sayang
asuh:Anak diibaratkan kertas putih, secara fitrah suci,
dalam pembelajaran dengan mengasuh dan menidik dengan mengarahkan ke arah yang
baik
Kegiatan in in on in
perlu evaluasi di apangan
direfleksikan hasil evaluasi untk merencanakan tindak
lanjut
Pengalaman Pak siswoto dalam pengeloaan dan Ketua MGMP
yang sudh mempunyaikemammpuan penilaian AKSI dapat memberikan brainstorming
pada kegiatan
Hal di atas semua sebagai ppenyemangat dari faktor
eksternal dan faktor semangat dari internal, yang digabngkaan 2 hal tersebut
dalam rangka peningkatan mutu di Kabupaten Ngawi
N;
1 komentar:
ok
Posting Komentar