Rabu, 19 Agustus 2020

ORGAN TUMBUHAN

        Akar merupakan bagian bawah dari tumbuhan yang berfungsi untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan, menyerap air dan mineral, tempat untuk menyimpan cadangan makanan, dan untuk bernapas. Salah satu dari ciri akar adalah selalu tumbuh.

  • Struktur akar tumbuhan

Struktur luar dari akar terdiri atas tudung akar, daerah pertumbuhan akar, dan bulu akar. Bagian dalam akar dapat diamati dengan memotong akar pohon secara melintang. Struktur dalam akar tersusun oleh epidermis (lapisan luar akar), korteks (kulit pertama), dan endodermis akar yang terbentuk dari selapis sel yang tebal. Akar mulai berkembang dari bagian meristem apikal dimana pada ujung akar dilindungi oleh bagian tudung akar yang sering disebut dengan kaliptra.

  • Fungsi akar pada tumbuhan

Beberapa fungsi akar bagi tumbuhan, antara lain:

  1. Untuk menyerap air serta mineral dari dalam tanah,

  2. Untuk mengangkut air serta zat-zat makanan ke seluruh tubuh tumbuhan,

  3. Untuk menunjang dan juga memperkokoh berdirinya tumbuhan,

  4. Menyimpan cadangan makanan dan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif,

  5. Pada tumbuhan tertentu, akar digunakan sebagai alat respirasi, misalnya tumbuhan bakau

Struktur dan fungsi batang

Batang adalah bagian utama dari tumbuhan yang berada diatas tanah dan memiliki fungsi sebagai pendukung bagian-bagian tumbuhan lainnya seperti daun, bunga, dan buah. batang mempunyai ruas dan antar ruas, dimana pada ruas akan muncul bunga atau tunas daun. Cabang-cabang yang terdapat pada batang berfungsi untuk menempatkan daun dalam posisi yang memungkinkan daun mendapatkan cahaya matahari sebagai proses fotosintesis.

  • Struktur batang tumbuhan

Dilihat dari struktur luarnya, batang setiap tumbuhan berbeda-beda. Seperti panjang pendek antara pohon satu dengan pohon lainnya tidak sama, ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh sifat genetis dan kondisi lingkungan seperti cahaya, suhu, dan kesuburan tanah. Pada batang terdapat nodus atau buku (tempat tumbuhnya daun) dan internodus (daerah diantara dua buku atau nodus). Berdasarnya pada keadaannya, batang dibedakan menjadi dua macam yaitu tumbuhan lunak (tumbuhan herba) dan tumbuhan berkayu.

Jika dilihat dari struktur dalam pada batang tumbuhan, batang tumbuhan herba tidak memiliki jaringan kayu dan tidak mengandung gabus, melainkan memiliki jaringan penyokong. Sedangkan pada batang tumbuhan berkayu tersusun oleh epidermis, stele, dan korteks.

  • Fungsi batang pada tumbuhan

Beberapa fungsi batang pada tumbuhan, antara lain:

  1. Batang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan,

  2. Batang berfungsi sebagai tempat melekatnya daun, bunga, dan buah,

  3. Batang berfungsi untuk menyalurkan air serta garam atau mineral dari akar sampai ke daun dan juga menyalurkan zat makanan dari daun ke seluruh tubuh,

  4. Batang berfungsi untuk mengarahkan tumbuhan supaya mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Struktur dan fungsi daun

Daun merupakan bagian dari tumbuhan yang berbentuk lebar dan pipih serta berwarna hijau karena mengandung klorofil. Pada lembaran daun terdapat tulang-tulang daun, dimana tumbuhan monokotil memiliki tulang daun yang berbentuk melengkung sejajar, sedangkan tulang daun yang terdapat pada tumbuhan dikotil memiliki bentuk yang menyirip dan menjari. Akan tetapi tumbuhan air yang mengapung hanya memiliki stomata dipermukaan atas daun. Adapun fungsi daun pada tumbuhan diantaranya adalah sebagai tempat untuk melakukan fotosintesis, sebagai organ pernapasan yaitu melalui stomata, sebagai tempat terjadinya penguapan air, dan sebagai alat untuk perkembangbiakan tumbuhan.

Tidak ada komentar: