Senin, 14 September 2020

PANDUAN KSN DARING 2020

     


          Dalam rangka membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan, pemerintah mendorong peningkatan literasi dasar, kompetensi berpikir, kritis, kreatif, komunikatif dan kolaborasi generasi muda. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama berupaya mewujudkan program Nawacita dengan mengimplimentasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui kegiatan Lomba, Festival dan Kompetisi tahun 2020 mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional.
          Salah satu kegiatan dalam hal tersebut adalah Kompetensi Sains Nasional (KSN) . Apa KSN itu? Tentunya rekan-rekan bapak ibu guru ingat tentang Olimpiade Sains Nasionasl (OSN). Olimpiade Sains Nasional yang biasa disingkat OSN adalah ajang kompetisi bidang sains bagi para siswa pada jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Peserta OSN (sekarang berganti menjadi Kompetisi Sains Nasional, disingkat : KSN) adalah siswa yang telah lulus seleksi untuk setiap tingkatan, baik itu di Sekolah, Kab./Kota, dan Propinsi. Mereka adalah siswa-siswi terbaik di bidang sains yang siap bertarung di bidang studi : Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
        KSN adalah kegiatan Kemendikbud tahunan guna memberikan ruang belajar, memfasilitasi peserta didik dalam menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Sains dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat agar dapat meningkatkan kemampuannya.
        Adapun petunjuk pendaftaran secara daring dapat dilihat pada link dengan klik disini Sedangkan untuk silabus KSN dapat didownload pada link dengan klik langsung disini
      Selain itu dalam sebelum mendaftarkan siswa ke panitia KSN Kemdikbud maka  ioperlu diperhatikan beberapa data yang perlu disiapkan. Data tersebut adalah foto siswa peserta, surat ijin orang tua/wali murid dan surat pernyataan pakta integritas.
Semoga informasi ini bermanfaat, salam literasi dan terima kasih.



Tidak ada komentar: