Sabtu, 19 September 2020

Workshop Pemanfaatan Tablet Sebagai Media Pembelajaran (10 Januari 2020)



        Tepat pukul 06.45 pagi saya langsung berkemas dari rumah menuju tempat pelatihan yang berjarak lumayan jauh sekitar 42 km dari rumah saya. Sekitar 1 jam sudah sampai   ke SMPN 2 Kasreman yang terletak di Ngawi bagian timur yang berbatasan dengan daerah Bojonegoro. Walaupun suasana di pelosok pedesaan, tapi sekolah ini tampak asri dan penuh seangat berenergi ketika kami bertemu pertama kali. Apalagi Kepala sekolahnya tampak ramah dan "very excellent". Beliau adalah Bapak Fajar Budhianto M.Pd ysng terkenal sebagai kepala sekolah berprestasi di Kab.Ngawi dan  selalu menggaungkan literasi bagi guru-guru di Ngawi.

         Kegiatan "Workshop Pemanfaatan Tablet Sebagai Media Pembelajaran' ini dilaksanakan tanggal 10 Januari 2020 di aula SMPN 2 Kasreman. Acara di awali dengan pembukaan oleh bapak Fajar. Kemudian dilanjutkan ramah tamah 10 menit sebagai pengenalan narasumber yaitu saya dan Bapak Eko iswaji yang merupakan Kepala SMPN 3 Kedunggalar.

         Acara inti dilanjutkan dengan paparan dua narasumber . Tampil pertama saya memaparkan presentasi tentang pengenalan media pembelajaran dan devicenya, termasuk tablet dan cara penggunaanya dengan berbagai fitur serta memanfaatkan aplikasi perekam suara atau voice recorder dan aplikasi penilaian seperti google form dan quizizz. Di sesi selanjutnya diisi oleh Bapak Eko Iswaji dengan pembahasan tema 10 kemampuan dasar guru dalam rangka pembelajaran era revolusi 4.0.

           Setelah istirahat saya memaparkan cara pengelolaan file menggunakan tablet. Disini peserta diperkenalkan dengan aplikasi Dropbox. Dropbox adalah aplikasi yang merupakan tempat penyimpanan berbasis cloud dan sarana antar perangkat, dalam hal ini menghubungkan penyimpanan awan/cloud dengan tablet.

        Acara dilanjutkan dengan diskusi dan praktik bersama-sama dengan peserta yang merupakan guru-guru SMPN 2 Kasreman . Untuk materi yang saya sampaikan dapat  diunduh dengan klik disini juga saya lampirkan surat tugas dari kepala sekolah dengan klik disini

        Semoga artikel ini bermanfaat , salam literasi dan terima kasih.




Tidak ada komentar: